• 0761-563872

  • amikmahaputra.riau@gmail.com

Kami Selalu Membanggakan
Extraordinary Education For Extraordinary Futures
Solusi Cerdas Perguruan Tinggi Berkualitas
Mengapa Harus Disini Yaa?
Gapailah

6 Cara Untuk Meningkatkan Produktivitas Saat Ujian

Ini merupakan waktu ujian untuk sebagian besar mahasiswa universitas. Ini juga merupakan waktu termudah untuk kehilangan motivasi dan percaya diri. Ujian bisa menjadi sangat melelahkan entah anda adalah mahasiswa tahun pertama yang masih baru tentang sistem universitas secara keseluruhan, atau mahasiswa tahun keempat yang mengenal sistem kampus dengan baik. Anda akan dengan mudah kehilangan produktivitas dan momentum karena stress dan tekanan. Korban pertama di masa-masa ujian biasanya adalah kesehatan anda, dan lalu diikuti dengan semua hal. Untuk tetap kuat dan produktif untuk menghadapi ujian, coba beberapa tips berikut ini!

(Source:www.washingtonpost.com)
 

1. Tidur Cukup

Ini merupakan hal penting untuk kesehatan, memori, mood dan bahkan 30 hal lainnya. Ini bukan lagi mengenai “tidur-untuk-kecantikan”. Jika anda tidak berisitirahat cukup, produktivitas anda tidak aka nada. Anda mungkin memiliki satu teman yang mengkonsumsi kopi dan red bulls, mengklaim bahwa ini merupakan tips mereka untuk menghadapi ujian. Kelemahan utama dari itu ialah tidur tidak hanya untuk mengumpulkan energi. Pikiran dan tubuh anda membutuhkan istirahat, kalau tidak, maka seperti laptop lama, mereka akan bekerja berlebihan dan anda tidak akan bisa mendapatkan informasi apapun ketika anda belajar. Jadi jika meskipun berlawanan pada awalnya, anda akan mendapati diri anda tertidur, mungkin anda harus coba tidur sejenak.
 

(Source:kimberlysnyder.com)
 

2. Kurangi Makan Junk Food

Makanan yang mengandung banyak gula dan lemak tidak hanya buruk bagi tubuh anda, mereka juga buruk untuk otak dan daya serap memori anda! Gula yang tinggi dan kafein mungkin pada awalnya memberikan anda energi dan produktivitas untuk meningkatkan belajar anda, akan tetapi ketika anda mengkonsumsi terlalu berlebihan, maka anda akan sulit untuk pulih. Penelitian dari WHO mengatakan bahwa makan makanan sehat bisa meningkatkan tingkat produktivitas sampai pada 20%!


Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa terlalu banyak makanan ringan bisa juga memperngaruhi mood, motivasi dan kemampuan anda untuk memahami. Anda harus makan lebih banyak buah dan kacang-kacangan, dan bukan berarti anda makan cokelat dengan buah dan kacang-kacangan. Mulailah mengganti makanan ringan dengan kacang-kacangan dan minuman manis dengan buah-buahan dan jus. Kacang-kacangan dan buah-buahan memberikan anda peningkatan energi yang natural dan juga membantu memori dan perhatian anda dengan semua vitamin dan lemak sehat.

(Source:www.orchard.co.uk)
 

3. Rencanakan Waktu Belajar

Terkadang ujian bisa sangat berlebihan karena materi pembelajarannya yang sangat banyak. Bagaimana anda bisa mempelajari materi dari 100 jam kelas kedalam 1 minggu revisi? Jangan khawatir, jika anda harus menunda sampai pada menit terakhit, merasa panic atau perasaan bersalah tidak akan membantu. Pikirkan tugas anda sebagai seekor gajah. Bagaimana cara anda memakan seekor gajah raksasa? Sedikit demi sedikit. Jadi, buatlah rencana dan lakukanlah. Cobalah mengatur daftar perencanaan anda kedalam tugas-tugas singkat yang bisa dicapai 25-40 menit. Lalu, isilah kedalam jadwal anda.


Fleksibilitas dalam perencanaan anda sangat penting karena tidak mungkin ada orang yang bisa tetap produktif sepanjang hari. Ingatlah, jika anda tertinggal jauh dibelakang, jangan merasa tertekan. Itu hanya akan membuang-buang waktu anda dan membuat anda merasa buruk. Lebih baik anda melanjutkan langkah anda, atau melanjutkan jadwal anda dan pelajari hal yang membuat anda tertinggal.

4. Gunakan Teknik Podomoro

Pomodoro teknik menyuruh anda untuk mengambil sebuah tugas dan fokus terhadap tugad tersebut selama 25 menit lalu istirahat sejenak selama 5 menit, lalu mulai lagi dengan tugas selanjutnya selama 25 menit. Lanjutkan dan ulangi. Ini sangat membantu karena ini mengizinkan anda untuk mengubah tugas-tugas anda dan mengindari tugas monoton, sambil membiarkan anda tetap fokus. Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda melakukan multitasking, IQ anda berkurang 15 poin untuk pria dan 5 poin untuk wanita. Ini juga membantu anda menghilangkan distraksi karena anda diizinkan untuk fokus pada satu tugas selama 25 menit. Jika anda masih terdistraksi setelah melakukan teknik pomodoro ini, matikan koneksi internet anda atau pindah ke area tersunyi untuk mengerjakan tugas anda. Hilangkan semua distraksi yang anda temukan.

(Source:www.collegecures.com)
 

5. Kelompok Belajar.

Ini membantu anda jika anda memiliki teman dikelas yang sama dan juga belajar bersama. Terkadang kita membutuhkan motivasi untuk tetap bertanggung jawab terhadap orang lain. Biarkan mereka mengetahui tujuan dan batas waktu anda, dan bertemu satu sama lain dari waktu ke waktu. Teman belajar juga sangat membantu karena mereka bisa menjelaskan konsep-konsep sulit dan bahan-bahan pembelajaran kepada anda. Anda juga bisa bertanya jawab satu sama lain. Anda tidak pernah tahu, anda mungkin kehilangan sesuatu yang penting yang telah dikatakan oleh professor mengenai ujian selanjutnya atau soal-soal apa yang akan muncul di ujian nanti.

(Source:www.poker.co.uk)
 

6. Apresiasi Diri Anda

Berikan diri anda hadiah dengan cara yang kecil maupun besar. Hadiah-hadiah ini bisa menjadi sangat memotivasi, seperti, jika anda menyelesaikan revisi satu bab yang cukup sulit, istirahat sejenak selama 5 – 10 menit dan tonton video lucu, atau telpon teman. Ini menyegarkan pikiran anda dan juga menyiapkan pikiran anda untuk belajar selanjutnya. Ini juga membantu produktivitas anda karena ini memberikan pikiran anda waktu istirahat dan memotivasi anda untuk tetap maju dan melakukan jadwal anda.


Ini juga membantu anda untuk memikirkan tujuan utama. Motivator terbaik sepanjang waktu adalah mengetahui bahwa ini semua akan berakhir. Jadi, buatlah rencana dengan teman-teman anda. Jadwalkan waktu untuk tidur, menonton TV, atau jalan-jalan dengan teman-teman anda. Lebih baik lagi, pikirkanlah bahwa sebentar lagi anda akan mendapatkan waktu bebas, minggu-minggu dimana anda tidak perlu membuat jadwal lagi.

Bagikan :

Artikel Lainya..
Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

Baca Artikel Lainya

File Download
Polling
Apakah informasi di website kami sudah lengkap..?

Legkap
Cukup Lengkap
Kurang Lengkap